Kuis Kamad MTsN 1 Bantul Warnai Rapat Pleno Kenaikan Kelas

Ditulis oleh MTsN 1 Bantul pada 21 Juni 2022 .

Bantul (MTsN 1 Bantul) – Kepala MTs Negeri 1 Bantul mengawali sambutan pada rapat pleno kenaikan kelas 7 dan 8 Tahun Ajaran 2021/2022 dengan melempar kuis kepada peserta rapat, Kamis (16/6/2022). Rapat ini dihadiri oleh guru mata pelajaran, guru BK, dan wali kelas 7 serta 8. Dilangsungkan dari jam 08.30 di ruang rapat MTs Negeri 1 Bantul. Sidang kenaikan kelas yang mestinya dipimpin Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, kali ini  dipimpin oleh Waka Humas Siti Juwariyah, S.Pd., MSi, M.S.I. dikarenakan Waka Kurikulum sedang menunaikan ibadah haji.

“Bapak Ibu, sebelum rapat ini kita mulai seperti biasanya saya akan menyampaikan kuis. Siapa yang bisa menjawab pertanyaan sesuai harapan saya, pulsa Rp50.000 masuk di nomor HP dengan segera,” ucap Hidayat, S.Ag.,M.A. selaku Kepala MTs Negeri 1 Bantul. Pertanyaan yang disampaikan Kepala madrasah yaitu, perbedaan antara  umatnya Nabi Muhammad dengan umatnya Nabi Musa. Dalam beberapa menit Syaikhul Fattah, M.Pd. yang juga sebagai Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan mampu menjawab kuis tersebut dengan benar yaitu umat Nabi Muhammad kalau melakukan kesalahan tidak langsung disiksa tetapi diberi kesempatan untuk memperbaiki diri. Berbeda dengan umat Nabi Musa AS, jika seseaorang melakukan kesalahan langsung disiksa.

               Kepala madrasah menjelaskan lebih lanjut kelebihan Nabi Muhammad dibanding dengan nabi-nabi sebelumnya, mengangkat derajat kaum lemah, melepaskan belenggu kemusyrikan, dan membawa ajaran rahmat bagi seluruh alam. Umatnya adalah terbaik dibandingkan umat-umat terdahulu. Sesuai yang disebutkan dalam Al-Quran yang artinya :

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah yang munkar, dan beriman kepa Allah.  Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka ada yang berima, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. “ ( QS. Ali Imran  : 110 )

Inti dari kajiannya adalah bahwa sebagai umatnya Nabi Muhammad SAW, manusia masih diberi kesempatan untuk bertaubat berbeda dengan umatnya nabi – nabi sebelumnya. “ Kita bersyukur sebagai umatnya Nabi Muhammad SAW masih diberi waktu untuk berbuat baik, jadi kita harus mengikuti gerak langkah Beliau,” papar Kepala Madrasah. Sebagai manusia tidak boleh meng-judge seseorang  karena Allah Maha Tahu,  skenerio Allah jauh lebih baik, dan manusia tidak akan pernah mengetahuinya.

 “Selamat memperjuangkan dan mengantarkan kesuksesan anak-anak kita, semoga menjadi amal jariyah Bapak dan Ibu,” ucap Kepala MTsN 1 Bantul mengakhiri sambutannya. (noor)

Do’a Sapu Jagad

{{brizy_dc_teks-doa_teks_arab}}

{{brizy_dc_teks-doa_arti_doa_ayat}}

Doa Mohon Perlindungan dari Bencana

اللّٰهُمَّ يَا كَافِيَ الْبَلاَءْ إِكْفِنَا الْبَلاَءْ قَبْلَ نُزُلِهِ مِنَ السَّمَاءِ

Ya Allah wahai Dzat Maha Mampu menolak bencana, peliharalah kami dari segala bencana sebelum ia turun dari langit.