Bantul Museum Expo Menambah Wawasan Sejarah Siswa MTsN 1 Bantul

Ditulis oleh MTsN 1 Bantul pada 23 Agustus 2022 .

Bantul (MTs N 1 Bantul)- MTs N 1 Bantul mengadakan kunjungan ke Bantul Museum Expo di Kampoeng Mataraman, Bantul, Yogyakarta Sabtu (20/8/22). Kegiatan tersebut diikuti oleh 24 siswa perwakilan dari masing-masing kelas 7 dan 8. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan mengajarkan anak cara bersosialisasi dengan banyak orang juga melatih kreativitas anak.  Para siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

 Kegiatan dimulai pukul 10.05 seusai istirahat. 24 Siswa perwakilan masing-masing kelas, diminta untuk berkumpul di halaman depan madrasah dan berfoto-foto. Setibanya di sana siswa mengantre giliran untuk memasuki gedung Museum Expo. Setelah mendapat giliran untuk masuk ke gedung disambut dengan Lambang Garuda Bhinneka Tunggal Ika dan sejarahnya. Memasuki ruang selanjutnya terdapat banyak bingkai foto rumah bersejarah, foto para pahlawan, dan terdapat bingkai pesawat ST-CLA. Pesawat tersebut ditembak jatuh oleh P-40 Kittyhawk Belanda (29/7/1947) di Dusun Padeyan, Bangunharjo, Sewon, Bantul. Masuk ke ruang berikutnya terdapat banyak sejarah Era Mataram Islam dan berbagai benda-benda peninggalannya.

 Selesai melakukan kunjungan, para siswa kembali menuju bus dan berangkat untuk mencari makan siang. Sekitar pukul 12.30 siswa kembali ke madrasah untuk melakukan salat Duhur berjamaah.

“Bhinneka Tunggal Ika yang sudah ada sejak era Majapahit Kuno mengenai Pancasila merupakan pedoman bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-harinya,” ucap Indra sebagai petugas Bantul Museum Expo. (Est)

Do’a Sapu Jagad

{{brizy_dc_teks-doa_teks_arab}}

{{brizy_dc_teks-doa_arti_doa_ayat}}

Doa Mohon Perlindungan dari Bencana

اللّٰهُمَّ يَا كَافِيَ الْبَلاَءْ إِكْفِنَا الْبَلاَءْ قَبْلَ نُزُلِهِ مِنَ السَّمَاءِ

Ya Allah wahai Dzat Maha Mampu menolak bencana, peliharalah kami dari segala bencana sebelum ia turun dari langit.