Bekali Kemampuan Life Skills, MTsN 1 Bantul Fasilitasi Aneka Ekskul

Ditulis oleh MTsN 1 Bantul pada 29 September 2022 .

Bantul(MTsN 1 Bantul)—MTs Negeri 1 Bantul fasilitasi siswa dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk membekali kemampuan life skills siswa. Berbagai pilihan ekstrakurikuler ditawarkan untuk mengakomodir bakat dan minat siswa, seperti yang disampaikan oleh Kepala MTs Negeri 1 Bantul, Hidayat, S.Ag., M.A. saat ditemui di ruang kerjanya pada Rabu (28/09/2022).

Hidayat memaparkan bahwa pendidikan yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) merupakan sebuah alternatif pembaharuan pendidikan yang prospektif untuk mengantisipasi tuntutan masa depan sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan martabat manusia. Diperlukan pengembangan kurikulum berbasis life skills yang mensyaratkan keseimbangan antara teori dan praktek, sehingga siswa dapat mengembangkan  ilmu yang dipelajari dengan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

MTs Negeri 1 Bantul mengembangakan pendidikan life skills melalui kegiatan ekstrakurikuler wajib dan pilihan. Ekstrakurikuler wajib berupa Kepramukaan. Ekstrakurikuler pilihan ada 13 macam yaitu Karya Ilmiah Remaja (KIR), Tonti, Basket, Hadroh, Kaligrafi, Batik, Qiroah, English Speaking Club (ESC), Pidato Bahasa Arab, Karate, Palang Merah Remaja (PMR), Tahsin, Musik. Siswa kelas 7 dan 8 wajib mengikuti ekstrakurikuler Kepramukaan dan mengikuti minimal 1 ekstrakurikuler pilihan. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler telah menorehkan prestasi bahkan menjadi keunggulan madrasah. “Berbagai fasilitas ekstrakurikuler kami tawarkan. Aspirasi siswa kami akomodir, selama membawa kebaikan bagi masa depan mereka. Jenis ekstrakurikuler 13 ini sebenarnya masih bisa ditambah lagi. Namun ada beberapa peminatan yang jumlah pesertanya tidak memenuhi batas minimal untuk bisa membuka kelas baru. Hasil kegiatan ekstrakurikuler bisa jadi belum tampak untuk saat ini, namun ke depan pasti memberikan andil sekecil apapun itu” kata Hidayat penuh harap dan keyakinan.

Kegiatan Ekstrakurikuler sebagai bentuk pendidikan kecakapan hidup ini diharapkan dapat membekali siswa dalam mengatasi berbagai macam persoalan hidup dan kehidupan. Kecakapan hidup yang diberikan menyangkut aspek pengetahuan, sikap yang didalamnya termasuk fisik dan mental, serta kecakapan pengembangan akhlak sehingga siswa mampu menghadapi tuntutan dan tantangan hidup dalam kehidupannya. Membekali siswa agar tetap dapat eksis di era abad 21. (juk)

Do’a Sapu Jagad

{{brizy_dc_teks-doa_teks_arab}}

{{brizy_dc_teks-doa_arti_doa_ayat}}

Doa Mohon Perlindungan dari Bencana

اللّٰهُمَّ يَا كَافِيَ الْبَلاَءْ إِكْفِنَا الْبَلاَءْ قَبْلَ نُزُلِهِ مِنَ السَّمَاءِ

Ya Allah wahai Dzat Maha Mampu menolak bencana, peliharalah kami dari segala bencana sebelum ia turun dari langit.