MTsN 1 Bantul Dorong Siswa Aktif Berliterasi

Ditulis oleh MTsN 1 Bantul pada 29 September 2022 .

Bantul(MTsN 1 Bantul)—MTs Negeri 1 Bantul mendorong para siswa untuk aktif dan meningkatkan budaya literasi. Literasi adalah kegiatan membaca teks atau buku bacaan, memahami, dan mampu memanfaatkan hasil bacaan untuk tujuan tertentu. Perpustakaan Daarul Ilmi MTs Negeri 1 Bantul menyediakan lebih dari 2500 judul buku, dan itu bukan buku paket siswa. Selain itu buku-buku yang diperkirakan bagus dan disukai siswa disediakan lebih dari dua eksemplar. Dengan banyaknya pilihan judul buku, siswa diharapkan suka dan berminat untuk membaca, selanjutnya menggunakan atau memanfaatkan buku tersebut, setidaknya fungsi rekreasi.

“Kita sudah siapkan banyak judul buku, baik buku yang bersifat fisik maupun buku yang bersifat e-book. Ada lebih dari 2500 judul buku yang ada di rak buku. Kita sediakan ruang baca yang nyaman, selain itu kita usahakan pelayanan yang ramah, dan sistem peminjaman yang mudah dan cepat. Harapan saya fasilitas yang diberikan perpustakaan Daarul Ilmi ini mampu meningkatkan geliat literasi siswa dan juga guru di lingkungan MTs Negeri 1 Bantul ini” kata Hidayat.

Untuk guru mata pelajaran tertentu, misalnya mata pelajaran Bahasa Indonesia, guru diharapkan memanfaatkan ruang perpustakaan dan segala fasilitasnya untuk pembelajaran. Pada tema-tema tertentu, misalnya Teks Deskripsi, Teks Ulasan, Teks Cerita Fantasi, dan lain-lain guru diharapkan mengajak para siswa menggunakan ruang perpustakaan.(vic)

Do’a Sapu Jagad

{{brizy_dc_teks-doa_teks_arab}}

{{brizy_dc_teks-doa_arti_doa_ayat}}

Doa Mohon Perlindungan dari Bencana

اللّٰهُمَّ يَا كَافِيَ الْبَلاَءْ إِكْفِنَا الْبَلاَءْ قَبْلَ نُزُلِهِ مِنَ السَّمَاءِ

Ya Allah wahai Dzat Maha Mampu menolak bencana, peliharalah kami dari segala bencana sebelum ia turun dari langit.