MTsN 1 Bantul Selenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Ditulis oleh MTsN 1 Bantul pada 17 Oktober 2022 .

Bantul(MTsN 1 Bantul)–MTs Negeri 1 Bantul menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw.  pada Kamis (13/10/2022). Acara tersebut diselenggarakan di Musala Daarul Ilmi  madrasah setempat. Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan pegawai MTs Negeri 1 Bantul.

Menurut Kepala MTs Negeri 1 Bantul, Hidayat, S.Ag MA tujuan memperingati Maulid Nabi untuk mempertegas keimanan siswa-siswi madrasah, bahwa Nabi Muhammad adalah suri tauladan bagi seluruh umat muslim. Di mana Nabi Muhammad satu-satunya utusan Allah yang menyebarkan sekaligus membimbing umat Islam untuk melaksanakan perintah dan ajaran Allah.

Dalam prosesi acara ini dibacakan syair al-Barzanji  secara bersama-sama seluruh keluarga besar madrasah, yang dipimpin Wakabid Kesiswaan MTsN 1 Bantul, Syekhul Fatah, S. Pd. M. Pd. dan diringi hadrah siswa madrasah.  Al-Barzanji atau Berzanji adalah suatu doa-doa, puji-pujian dan penceritaan riwayat Nabi Muhammad saw yang biasa dilantunkan dengan irama atau nada. Isi Berzanji bertutur tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW yakni silsilah keturunannya, masa kanak-kanak, remaja, dewasa, hingga diangkat menjadi rasul. Didalamnya juga mengisahkan sifat-sifat mulia yang dimiliki Nabi Muhammad serta berbagai peristiwa untuk dijadikan teladan umat manusia. Acara peringatan Maulid ditutup doa yang langsung d pimpin oleh Kepala Madrasah.(rim)

Do’a Sapu Jagad

{{brizy_dc_teks-doa_teks_arab}}

{{brizy_dc_teks-doa_arti_doa_ayat}}

Doa Mohon Perlindungan dari Bencana

اللّٰهُمَّ يَا كَافِيَ الْبَلاَءْ إِكْفِنَا الْبَلاَءْ قَبْلَ نُزُلِهِ مِنَ السَّمَاءِ

Ya Allah wahai Dzat Maha Mampu menolak bencana, peliharalah kami dari segala bencana sebelum ia turun dari langit.