Guru MTsN 1 Bantul Ini Dampingi Guru IPA Gunungkidul Susun PTK

Ditulis oleh MTsN 1 Bantul pada 24 Oktober 2022 .

Bantul(MTsN 1 Bantul)–MGMP IPA Kab Gunungkidul tetap bersemangat berkegiatan PKB dengan agenda presentasi proposal penelitian tindakan kelas dengan narasumber Asih Budiati guru MTsN 1 Bantul. Kegiatan dilakukan pada Rabu (19/10/2022). Dalam melaksanakan  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) biasanya  guru menyusun proposal meskipun kegiatan ini tidak wajib, tetapi untuk mematangkan persiapan pelaksanaan . Demikian pula yang dilakukan bapak ibu guru IPA di kabupaten Gunungkidul yang tergabung dalam MGMP IPA, mereka menyusun proposal  dalam rangka persiapan pelaksanaan PTK yang direncanakan akan dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022-2023.

Sebagai kelanjutkan pertemuan 28 September 2022 yang berupa penyampaian materi bagaimana melaksanakan dan menyusun laporan PTK,maka pada kesempatan pertemuan 19 Oktober 2022 dilanjutkan dengan presentasi proposal PTK . Dalam pendampingan presentasi bab 1-3 proposal PTK, Asih menyampaikan beberapa hal yang perlu dipahami dalam melaksanakan PTK, diantaranya : 1) guru hendaknya memilih permasalahan yang benar benar ada di pembelajarannya, 2) guru sebaiknya memilih model pembelajaran yang jelas sintak dan teknih pelaksanaannya dalam KBM, 3) guru dapat memilih materi yang cukup menantang  siswa dan memenuhi jumlah jam untuk dipergunakan sebagai materi PTK, 4) seorang observer diharapkan dapat bekerjasama dengan guru dalam mengamati KBM oleh karenanya observer dapat guru semapel ataupun lintas mapel.

Salah satu presentasi guru, mengangkat Discovery Learning sebagai model pembelajaran yang digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar IPA. Salah satu alasannya adalah DL dianggap sebagai model pembelajaran yang dapat membawa siswa aktif terlibat dalam KBM. Dengan didukung instrument dan RPP yang telah disiapkan maka PTK siap digelar semester genap tahun ajaran 2022-2023. Guru yang lain memilih model pembelajaran cukup variasi diantaranya adalah model pembelajaran Inquiri terbimbing dan Problem base learning. Diakhir pendampingannya Asih memberi penguatan perihal pelaksanaan PTK , yaitu bahwa PTK tidak ada yang salah asal dilaksanakan atau dicobakan pada pembelajaran, hanya perlu penyesuaian penulisan laporan sesuai pedoman yang ada. (sih)

Do’a Sapu Jagad

{{brizy_dc_teks-doa_teks_arab}}

{{brizy_dc_teks-doa_arti_doa_ayat}}

Doa Mohon Perlindungan dari Bencana

اللّٰهُمَّ يَا كَافِيَ الْبَلاَءْ إِكْفِنَا الْبَلاَءْ قَبْلَ نُزُلِهِ مِنَ السَّمَاءِ

Ya Allah wahai Dzat Maha Mampu menolak bencana, peliharalah kami dari segala bencana sebelum ia turun dari langit.