Khidmat, MTsN 1 Bantul Peringati Hari Santri

Ditulis oleh MTsN 1 Bantul pada 24 Oktober 2022 .

Bantul(MTsN 1 Bantul)—Seluruh siswa, guru dan pegawai MTs Negeri 1 Bantul memperingati hari Santri Nasional dengan melaksanakan upacara bendera. Para siswa sebagai peserta upacara mengenakan pakaian muslim, siswa putra menggunakan baju koko atau kemeja putih, berkain sarung dan berpeci, sementara siswa putri menggunakan gamis atau pakaian muslimah yang sopan, disarankan warna putih dengan mukena hitam. Upacara bendera dilaksanakan di halaman tengah madrasah setempat pada Sabtu (22/10/22) dengan Pembina upacara  kepala MTs Negeri 1 Bantul, Hidayat, S.Ag MA.

“Alhamdulillah, pada pemerintahan Presiden Joko Widodo ditetapkan Hari Santri Nasional setiap 22 Oktober. Penetapan hari Santri Nasional ini merupakan penghargaan pemerintah atas usaha para ulama dan santri dalam mengusir penjajah Belanda. Fatwa KH Hasyim Asy Ari tentang Resolusi Jihad merupakan bukti nyata perjuangan ulama dan santri. Memang harus diakui bahwa seluruh pahlawan nasional sebagian besar adalah ulama atau beragama Islam. Merekalah yang sesungguhnya berjuang mengusir penjajah kafir” kata Hidayat.

Setelah selesai upacara bendera, peringatan hari Santri Nasional di MTs Negeri 1 Bantul dilanjutkan dengan doa bersama di serambi masjid Daarul Ilmi. Setelah beberapa informasi penting, kegiatan dilanjutkan dengan membaca Rotibul hadad oleh seluruh siswa dan guru. (vic)

Do’a Sapu Jagad

{{brizy_dc_teks-doa_teks_arab}}

{{brizy_dc_teks-doa_arti_doa_ayat}}

Doa Mohon Perlindungan dari Bencana

اللّٰهُمَّ يَا كَافِيَ الْبَلاَءْ إِكْفِنَا الْبَلاَءْ قَبْلَ نُزُلِهِ مِنَ السَّمَاءِ

Ya Allah wahai Dzat Maha Mampu menolak bencana, peliharalah kami dari segala bencana sebelum ia turun dari langit.