Pengembangan Entrepreneur di MTsN 1 Bantul

Ditulis oleh MTsN 1 Bantul pada 25 Oktober 2022 .

Bantul(MTsN 1 Bantul)–Potensi siswa dan lingkungannya merupakan modal utama berkembangnya suatu madrasah terutama pengembangan skill para siswanya. Lingkungan perajin yang berdekatan dengan madrasah atau sekolah akan menjadi siswa berkarya serupa dengan lingkungan tersebut. Salah satu contoh adalah siswa yang tinggal di daerah Kasongan akan sangat berkembang kemampuan berkarya dalam gerabah bila bersinergi dengan sekolah atau madraha.  Demikian pula dengan MTs Negeri 1 Bantul, pada awal tahun ajaran 2022-2023 mencoba mengembangkan live skill siswa dengan membaca kondisi lingkungan madrasah dan potensi ketrampilan siswa. Pada akhirnya dipilihlah pengolahan  Lidah buaya menjadi makanan siap konsumsi dan pengolahan kulit batang pohon pisang menjadi kripik. Demikian keterangan yang disampaikan Kepala MTs Negeri 1 Bantul, Hidayat, S.Ag MA pada Senin (24/10/2022)

Pengolahan kulit batang pisang atau debog dan bonggolnya dengan pertimbangan banyaknya tanaman pisang dilingkungan kebun madrasah, serta telah dibudidayakannya tanaman lidah buaya dikebun madrasah. Dengan teknih sederhana dan murah sebagian siswa telah diajari dan libatkan dalam pembuatan dan pengemasan produk. Pada Minggu kliwon 16 Oktober 2022 pada acara pengajian bersama paguyuban wali siswa , dilaksanakan bazar penjualan produk minuman nata de aluevera dan kripik kulit batang pisang. Erna Rahayu sebagai pengelola kegiatan kewirausahaan menyampaikan bahwa madrasah perlu membekali siswa dengan berbagai ketrampilan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari, syukur syukur dapat dikembangkan sebagai usaha yang bernilai ekonomi.

“Saya berharap para siswa mampu menciptakan inovasi lain selain kulit batang pisang, bonggol dan nata de aloevera seperti yang sudah dibuktikan para siswa saat ini. Saya ingin anak-anak mampu hidup dengan mengembangkan lewirausahaan dan kelak nantinya bias sukses dengan menggeluti bidang usaha tersebut. (sih)

Do’a Sapu Jagad

{{brizy_dc_teks-doa_teks_arab}}

{{brizy_dc_teks-doa_arti_doa_ayat}}

Doa Mohon Perlindungan dari Bencana

اللّٰهُمَّ يَا كَافِيَ الْبَلاَءْ إِكْفِنَا الْبَلاَءْ قَبْلَ نُزُلِهِ مِنَ السَّمَاءِ

Ya Allah wahai Dzat Maha Mampu menolak bencana, peliharalah kami dari segala bencana sebelum ia turun dari langit.