Guru MTsN 1 Bantul Ini Serahkan Buku ke Perpustakaan Daarul Ilmi

Ditulis oleh MTsN 1 Bantul pada 11 Januari 2023 .

Bantul (MTsN 1 Bantul) – Buku berjudul Aplikasi IPA dalam Kehidupan Sehari Hari karya Asih Budiati guru IPA MTsN 1 Bantul telah menambah koleksi perpustakaannya. Buku yang cetakan pertamanya November 2022 dan dan  diserahkan Asih Budiati ke perpustakaan MTsN 1 Bantul Daarul Ilmi  melalui Kepala Madrasah Hidayat S.Ag.M.A. pada Senin (9/1/23). Memang belum banyak buku buku karyanya, tetapi Asih dapat dikelompokkan pada guru guru yang produktif di MTsN 1 Bantul . Banyak karya guru lainnya yang juga telah mengisi rak rak perpustakaan MTsN 1 Bantul, mulai dari buku diktat, modul, buku kumpulan puisi dan lainnya.

Buku Aplikasi IPA dalam Kehidupan Sehari-Hari berisi tentang potongan potongan lembar kegiatan siswa seperti petunjuk praktikum atau percobaan sederhana yang berdasar pada teori IPA dan diaplikasi dalam kehidupan sehari hari. Banyak ilmu IPA yang langsung dapat dinikmati siswa dalam kehidupannya, dan banyak juga yang dapat dikembangkan jika mereka mau . Mulai dari percobaan tentang bagaimana tubuh mencerna makanan dan energi yang dihasilkan hingga percobaan tentang listrik dalam rumah tangga. Isi buku didesain sederhana dengan bahasa yang mudah dipahami siswa, dengan harapan siswa dapat mengaplikasikan mandiri di rumah atau di masyarakat. Pengembangan dari percobaan yang ada dibuku sangat memungkinkan dilakukan siswa secara mandiri tanpa haruss didam[ingi guru, karena dibiasakan dengan alat dan bahan yang sederhana, yang biasa digunakan sehari hari.

Buku yang bernomor ISBN 978-623-88163-9-2 dan tersusun atas 139 halaman tersebut berisi 29 panduan percobaan sederhana yang dilengkapi dengan teori pendukung dan cara kerja. Sebagai pengukur tingkat pemahaman siswa dilengkapi dengan beberapa pertanyaan atau kuis yang dikerjakan setelah melakukan percobaan . Penulis berharap buku tersebut dapat bermanfaat untuk siswa siswa SMP/ MTs  dan sederajat atau yang membacanya. (sih)

Do’a Sapu Jagad

{{brizy_dc_teks-doa_teks_arab}}

{{brizy_dc_teks-doa_arti_doa_ayat}}

Doa Mohon Perlindungan dari Bencana

اللّٰهُمَّ يَا كَافِيَ الْبَلاَءْ إِكْفِنَا الْبَلاَءْ قَبْلَ نُزُلِهِ مِنَ السَّمَاءِ

Ya Allah wahai Dzat Maha Mampu menolak bencana, peliharalah kami dari segala bencana sebelum ia turun dari langit.