Penggunaan Metode Halaqoh dalam Tadarus Alquran Pesantren Ramadhan MTsN 1 Bantul

Ditulis oleh MTsN 1 Bantul pada 25 Maret 2024 .

Bantul (MTsN 1 Bantul) - Kegiatan pesantren Ramadhan putri yang dilaksanakan di Mushola Daarul Ilmi pada Jumat malam (22/03/2024) bakda sholat tarawih, menampilkan suasana yang berbeda dari kegiatan rutin tahunan. Tahun ini, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Bantul mengadopsi metode halaqoh dalam sesi tadarus Al-Quran yang diikuti oleh siswi kelas 7 dan 8. Kegiatan ini menjadi bagian penting dari pesantren Ramadhan 1445 H yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan dan pemahaman Al-Quran di kalangan siswi.

Metode halaqoh, yang merupakan cara belajar mengaji Al-Quran dalam kelompok kecil, dipilih karena efektivitasnya dalam memfasilitasi interaksi yang intensif antara pembimbing dengan peserta didik. Dengan ratio pembimbing dan peserta yang ideal, setiap siswi mendapatkan perhatian lebih dan kesempatan yang lebih besar untuk mengoreksi bacaan serta memahami tafsir dari ayat-ayat yang dibaca.

Pembimbing halaqoh, yang terdiri dari para guru MTsN 1 Bantul, memandu siswi melalui sesi tadarus dengan penuh antusias. "Kami berusaha untuk tidak hanya fokus pada kefasihan bacaan, tapi juga pada pemahaman konteks ayat. Ini penting agar siswi kami tidak hanya cakap membaca Al-Qur'an, tapi juga menghayati pesan-pesannya," ujar M. Ridho Lubis, S.Ag. salah satu guru pembimbing tadarus.

Siswi kelas 7 dan 8 MTsN 1 Bantul, yang jumlahnya mencapai seratus lebih, dibagi ke dalam beberapa kelompok halaqoh. Setiap kelompok memungkinkan proses pembelajaran yang lebih efektif dan interaktif. Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari para siswi, yang merasa lebih nyaman dan termotivasi untuk belajar Al-Quran.

"Saya merasa lebih mudah mengerti dan menghafal ayat-ayat Al-Quran dengan metode halaqoh ini. Kami lebih memahami pembacaan tiap ayat Al-Quran dengan mendalam," ucap Zalwa, salah satu siswi kelas 8.

Kegiatan tadarus Al-Quran dengan metode halaqoh ini merupakan inisiatif MTsN 1 Bantul dalam mengoptimalkan bulan Ramadhan sebagai momen untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan siswi-siswinya khususnya dalam membaca Al-Qur'an. Sugiyono, S.Pd. Kepala MTsN 1 Bantul, dalam sambutannya, mengungkapkan harapan agar kegiatan ini dapat menjadi tradisi tahunan yang terus menerus ditingkatkan kualitas dan manfaatnya bagi civitas MTsN 1 Bantul. (miq)