Kepala MTsN 1 Bantul Tekankan Prinsip Asesmen Madrasah

Ditulis oleh MTsN 1 Bantul pada 27 Maret 2024 .

Bantul (MTsN 1 Bantul) - MTsN 1 Bantul menyelenggarakan rapat koordinasi panitia Asesmen Madrasah pada Selasa (26/03 24) di aula pada pukul 13.00-14.00 WIB. Rapat dihadiri oleh  seluruh panitia yang berjumlah sembilan belas orang. Dalam rapat, panitia membahas tentang persiapan pelaksanaan asesmen madrasah dari setiap seksi. Dalam sambutannya, kepala madrasah menekankan pentingnya memagang teguh prinsip-prinsip asesmen.
Asesmen madrasah merupakan proses pengumpulan dan pengolahan nilai untuk mengukur kemajuan belajar dan capaian hasil belajar  peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Asesmen ini merupakan bagian dari asesmen sumatif yang dilaksanakan pada akhir jenjang pendidikan tingkat MTs. Oleh karena itu, asesmen madrasah diselenggarakan oleh satuan pendidikan berupa kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik yang mengacu pada SKL.

Asesmen madrasah akan dilaksanakan pada Kamis (25/04 24) s.d Selasa (07/05 24) mencakup enam belas mata pelajaran yaitu Bahasa Jawa, Seni Budaya, Prakarya, Tahfidz, Bahasa Indonesia, Quran Hadis, Matematika, Akidah Akhlak, Bahasa Inggris, Fikih, IPA, SKI, PPKn, Bahasa Arab, IPS dan PJOK.  "Adapun diantara fungsi asesmen madrasah sebagai indikator capaian perkembangan peserta didik, umpan balik untuk perbaikan proses pembelajaran, dan sebagai salah satu syarat kelulusan, kontrol kualitas lulusan. Oleh karena itu, dalam menyelenggaran aesmen madrasah ini, harus memegang teguh prinsip-prinsip asesmen secara adil, proporsional, valid dan reliabel tekan Sugiyono selaku kepala madrasah pada sambutannya". (sri)