MTsN 1 Bantul Hadirkan Tim Kapnewon Sewon untuk Mediasi

Ditulis oleh MTsN 1 Bantul pada 24 April 2024 .

Bantul (MTsN 1 Bantul)--Keberadaan  MTs Negeri 1 Bantul yang berlokasi di tengah lingkungan masyarakat memiliki banyak problematika. Problematika tersebut amat heterogen mulai  dengan kebiasaan, budaya, tata kehidupan masyarakat dan juga sosial ekonomi.

Salah satu yang sekarang menjadi permasalahan penting adalah keberadaan kandang kambing milik salah satu penduduk di Bakung yang letaknya berdekatan dengan tembok sekolah sehingga baunya mencemari dan sangat mengganggu dan membuat resah siswa-siswi yang pada akhirnya membuat proses belajar mengajar tidak kondusif terutama jika tiba musim penghujan.
Menyikapi situasi dan kondisi yang sangat mengganggu proses pembelajaran , sekolah sudah mediasi secara kekeluargaan dengan pemilik kandang melalui ketua RT 01 Bakung,  Subagyo dengan harapan pemilik kandang  rutin membersihkan kandang dan mengelolanya agar baunya tidak mengganggu dan mencemari lingkungan sekitar.

Teguran lisan dan imbauan langsung sudah dilakukan pada pemilik kandang telah dua kali dilakukan namun tidak ada tanggapan dan iktikad baik dari pemilik. Akhirnya pihak sekolah minta mediasi ke Kapanewon Sewon agar menertibkan keberadaannya.

Tim kapanewon akhirnya turun langsung yang beranggotakan 3 Personil dengan koordinatornya Agus. Agus, selaku koordinator tim Kapanewon sangat mengapresiasi pihak sekolah yang dengan bijaksana melaporkan  yang terjadi dan sangat merugikan semua pihak, sehingga Tim Kapanewon didampingi pihak sekolah dan Ketua RT 01, Subagyo turun langsung untuk cek lokasi kandang dan langsung membuat teguran secara lisan dan tertulis agar pemilik kandang segera menghentikan dan membongkar kandang langsung sehingga lingkungan masyarakat dan sekolah tidak terganggu dengan keberadaan kandang tersebut. (sun)