Profil

Ditulis oleh MTs N 1 Bantul pada 23 Januari 2017 .

Pada awalnya MTs Negeri Gondowulung merupakan lembaga pendidikan Islam yang didirikan pada tahun 1967 bernama Sekolah Diniyah dan Salafiyah yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Al-Fitrah yang didirikan oleh KH. Nawawi di Jejeran dan secara operasional ditangani oleh kerabatnya yaitu Rama Jalal Nawawi. Semula hanya terdapat Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), namun seiring dengan perkembangannya didirikan juga Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Negeri (MTs AIN) dengan kepala madrasah pertamanya Bukhori Jamal. MTs AIN ini dinegerikan tahun 1968 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 14/1968 tanggal 31 Januari 1968 oleh KH.M. Dachlan. Pada tahun 1970-an, madrasah ini pindah ke sebelah Utara SMP Negeri Gondowulung dengan kepala sekolahnya Khoyyin dari Demak, yang kemudian digantikan oleh Isbilal Ma’sum, BA.

Pada masa kepemimpinan Nurdin Nasution, terjadi pemindahan madrasah ke rumah penduduk (kepala dusun) dan memiliki dua lokasi berbeda yaitu di Dokaran (Tamanan, Banguntapan) dan Kaloran (Bangunharjo, Sewon) selama + 4 tahun (1980-1984) . Berkat peran serta BP3, dan para donatur, madrasah dijadikan di satu lokasi yaitu di Kaloran. Peran kebijakan camat saat itu, dilakukan perbaikan dan pembangunan gedung-gedung dan fasilitas yang cukup lengkap dan memadai.

Setelah terjadinya gempa 2006, beberapa gedung madrasah roboh dan banyak fasilitas yang rusak dan hilang sehingga berbagai kegiatan belajar dan pendidikan terhambat dengan kondisi seadanya termasuk perpustakaan sebagai salah satu sumber belajar utama dalam kondisi yang memprihatinkan. Untuk itu, madrasah dengan bantuan dari berbagai pihak melakukan pembangunan dan pembenahan serta penambahan fasiltas yang bisa dinikmati keberadaannya sampai sekarang. Adapun kepala sekolah yang menjabat di MTs Negeri Gondowulung setelah Isbilal Ma’sum, secara berturut-turut adalah Budi Sudjodo, Rokhani, Ali Sudarman, Akhyar Mahmud, Budirejo, dan Abdul Mujib.

Di bawah pimpinan Abdul Mujib, MTs Negeri Gondowulung berusaha melakukan akreditasi, sebagai upaya memperoleh pengakuan resmi sebagai madrasah yang layak dijadikan tempat belajar baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Mulai tahun 2011 – 2016, MTsN Gondowulung dibawah pimpinan H. Ibnardo, S.Ag., MA berhasil meraih akreditasi A dan berbagai prestasi dibidang lainnya.

Tahun 2016 sampai saat ini, Kepala Madrasah dijabat oleh Rita Astuti, S.Pd. dan berdasarkan SK Kakanwil Nomor 68 Tahun 2017 Tentang Perubahan Nama Madrasah Negeri tertanggal 27 Januari 2017 maka sejak Februari 2017, MTs Negeri Gondowulung berubah nama menjadi MTsN 1 Bantul. Banyak perubahan yang telah dilakukan demi kemajuan madrasah terlebih dengan nama yang baru harus meningkatkan prestasi dari semua bidang baik akademik maupun non akademik.

Do’a Sapu Jagad

{{brizy_dc_teks-doa_teks_arab}}

{{brizy_dc_teks-doa_arti_doa_ayat}}

Doa Mohon Perlindungan dari Bencana

اللّٰهُمَّ يَا كَافِيَ الْبَلاَءْ إِكْفِنَا الْبَلاَءْ قَبْلَ نُزُلِهِ مِنَ السَّمَاءِ

Ya Allah wahai Dzat Maha Mampu menolak bencana, peliharalah kami dari segala bencana sebelum ia turun dari langit.